Mengatasi Turn Over Yang Tinggi, Membangun Loyalitas Karyawan, Cara Membangun Sdm Yang Berkualitas

Perbaikan sistem manajemen perusahaan menjadi perhatian utama sebagai salah satu investasi dalam mengelola manajemen sumber daya manusia.
By: KONSULTAN SDM
 
 
cs2
cs2
 
Aug. 5, 2012 - PRLog -- Mengatasi Turn Over Yang Tinggi, Membangun Loyalitas Karyawan, Cara Membangun Sdm Yang Berkualitas, Informasi Reko Handoyo, 081932985325, 081389411679 http://konsultan-sdm.com

Tinggi turn over dalam perusahaan tentu membuat divisi sdm menjadi pusing dan proses kerja dalam perusahaan juga bisa terganggu. Untuk mengatasi hal ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Buatlah sistem prosedur kerja yang jelas. Prosedur kerja yang jelas dan detail bisa membuat karyawan tahu bagaimana menjalakan kerja dengan baik dan benar tanpa harus bingung. Tidak adanya prosedur kerja membuat seseorang bisa menjadi korban dan bisa menjadi lawan. Bahkan karyawan bisa bekerja diluar kapasitas yang dia miliki dan banyak yang menerapkan by pas system dimana setiap orang bisa bekerja dengan caranya sendiri tanpa memikirkan proses internal perusahaan.

2. Buat Sistem Kompensasi yang jelas. Seseorang yang bekerja lebih berat dan lebih banyak tentu wajar jika mendapatkan hasil lebih dari pada mereka yang bekerja biasa saja. Faktor kompensasi merupakan salah satu daya semangat karyawan dalam membentuk etos dan semangat kerja. Namun sistem kompensasi yang subjektif akan menghancurkan sistem. Buatlah sistem kompensasi yang transfaran, terbuka dan fair dengan adanya tolak ukur dan pencapaian yang jelas.

3. Suasana Kerja yang nyaman merupakan salah satu alasan mengapa seseorang ingin tetap bertahan di suatu perusahaan. Biasanya pimpinan yang bijak dan mengayomi karyawan akan mendapatkan banyak karyawan yang mau bekerja dengan tenang dan akan membentuk suasana kerja yang nyaman dibandingkan dengan pimpinan kerja yang tidak bijak atau tidak bisa menempatkan diri sebagaimana mestinya.

4. Sistem Jenjang Karir yang jelas. Sistem jejang karir membuat seseorang berani mengambil keputusan untuk tidak meninggalkan perusahaan karena tahu bagaimana mencapai suatu posisi pekerjaan dengan kerja keras dan bukan dengan subjektivitas dari pimpinan. Jejang karir sangat penting bagi karyawan sebagai bentuk dari penghargaan dari komitmen dan bakti kerja mereka kepada perusahaan.

5. Mengembangkan kompetensi dan kemampuan karyawan juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan seseorang tetap tinggal di dalam perusahaan. Dengan jalur pengembangan kompetensi maka karyawan tahu bahwa kemampuan dan bakatnya bisa disalurkan demi kepentingan perusahaan.

Perbaikan sistem manajemen perusahaan menjadi perhatian utama sebagai salah satu investasi dalam mengelola manajemen sumber daya manusia.

Mengatasi Turn Over Yang Tinggi, Membangun Loyalitas Karyawan, Cara Membangun Sdm Yang Berkualitas, Informasi Reko Handoyo, 081932985325, 081389411679 http://konsultan-sdm.com
End
KONSULTAN MANAJEMEN SDM HRD News
Trending
Most Viewed
Daily News



Like PRLog?
9K2K1K
Click to Share